Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim (HR Ibnu Majah:244)

Rabu, 21 Maret 2012

Ketika Kehormatan telah Terampas


oleh Andi Wibowo

Duka menyelimuti keluarga Pak Harjo. Anak gadis kesayangannya sudah beberapa hari menghilang. Tak ada seorang pun yang tahu. Untuk mencari informasi tentang gadis kesayangannya itu, ia meminta bantuan Polisi, juga bertanya-tanya tentang kepada teman-teman kuliahnya, teman-teman sepermainannya. Namun, hasilnya nihil.
Hingga akhirnya, teman-teman KKN-nya memberikan informasi, bahwasanyan si Gadis, pernah jatuh cinta dengan laki-laki kampung tempat di mana mereka KKN. Dan kecintaannya terhadap laki-laki itu terlihat aneh, di luar batas.
Ternyata benar dugaan teman-teman KKN si gadis tersebut. Ia dilarikan oleh laki-laki yang diduga sebagai pacarnya. Polisi pun menggerebek kos-kosan si laki-laki tersebut, dan si gadis tersebut pun ternyata sedang bersamanya. Maka, segera Polisi menyelamatkan si gadistersebut, sedangkan si laki-laki tersebut segera dihajar sampai bercucuran darah oleh salah seorang Polisi, yang merupakan paman dari si gadis. Sementara itu, si gadis terlihat ‘plonga-plongo’. Ternyata, si gadis kena sihir pelet. Ketika ia berhasil disadarkan, ia merasa bingung dengan apa yang sebenarnya terjadi, lalu menangis histeris.
Seluruh uang dan perhiasan si gadis tersebut ludes di makan oleh si musang itu. Padahal, uang itu akan dipakainya untuk keperluan kuliah, dan untuk mengumpulkan uang itu pun harus dengan berhutang kesana-kesini. Dan tidak hanya itu, yang paling memilukan adalah kehormatan anak gadisnya telah dicoreng oleh musang tak bermoral itu.
Maka, perhatikanlah duhai para gadis, janganlah Engkau bermain-main dengan seekor musang, karena dia akan mencelakaimu tatkala dia lapar. Duhai para gadis tutuplah auratmu, berpakaianlah sesuai dengan apa yang diajarkan oleh agamamu (pakaian syar’i). Janganlah Kau berlaku manja dalam berbicara terhadap laki-laki yang ada penyakit di dalam hatinya. Duhai para gadis, sesungguhnya berdiamnya engkau di dalam rumah adalah bagian dari ibadah dan pemeliharaan kehormatanmu. Jagalah kehormatanmu! Berhati-hatilah terhadap laki-laki fasik, yang akrab dengan dunia kemaksiatan dan kesyirikan. Sungguh, mereka bukanlah teman yang baik bagimu!

(kisah nyata, nama tokoh di dalam kisah tersebut bukan nama asli atau sengaja saya samarkan)